Matryoshka, Boneka Khas Rusia, Ternyata Bukan Sekedar Buah Tangan



Pernahkah kamu melihat boneka kayu berlapis, dimana dalam boneka yang besar terdapat boneka kecil yang sama identiknya?

Kalian pasti sudah bisa membayangkan boneka tersebut. Tapi apakah kalian tahu nama dari boneka itu? Ya, sekumpulan boneka itu adalah boneka bersarang khas Rusia yang dikenal sebagai Boneka Matryoshka.

Boneka Matryoshka merupakan salah satu ikon budaya dan seni Rusia yang mendunia. Boneka ini sangat terkenal dan populer sebagai oleh-oleh dari Rusia. Namun, apa sebenarnya sejarah di balik Boneka Matryoshka dan arti dibalik namanya?


Apa Itu Boneka Matryoshka

Boneka Matryoshka merupakan set figur yang terbuat dari kayu yang dilukis dengan indah. Bentuknya bulat dan didesain bisa terbelah menjadi dua bagian yang mengungkapkan boneka lebih kecil yang ada di dalamnya.

Dalam satu set boneka, semua figur terlihat hampir identik satu sama lain. Jumlah boneka dalam tiap set bervariasi dari 5 sampai 30.

Desain paling tradisional dari boneka ini adalah seorang gadis Rusia dalam balutan pakaian tradisional dengan selendang di kepalanya.

Boneka Matryoshka ini biasa juga disebut matrioshka, matreshka, matriochka, babushka, atau matruska. Namun, dibalik namanya, boneka bersarang ini memiliki sejarah yang panjang sebagai hadiah klasik khas Rusia.

Boneka bersarang Matryoshka, Rusia
Ilustrasi Boneka Matryoshka dookinternational.com

Asal Usul Boneka Matryoshka

Sebelum masa revolusi, nama Matryona atau Matriyosha merupakan nama yang populer untuk wanita di Rusia. Kata itu berasal dari bahasa latin 'mater' yang berarti 'ibu'. Nama ini diasosiasikan dengan gambaran seorang ibu dalam sebuah keluarga besar yang kaya.

Pada akhirnya nama ini menjadi simbol untuk mendeskripsikan boneka kayu bersarang yang dilukis. Sampai sekarang, boneka Matryoshka menjadi simbol dari keibuan dan kesuburan. Boneka ibu dengan sejumlah anak boneka ini merupakan penggambaran yang sempurna dari budaya manusia.

Boneka ini pertama kali dibuat pada tahun 1890. Diukir oleh Vasily Zvyozdochkin dan didesain serta dilukis oleh Sergey Malyutin.

Pada awalnya, figur yang terbesar dari boneka ini selalu berupa seorang wanita dengan pakaian tradisional dan memakai selendang di kepalanya. Figur lain di dalamnya dapat berupa lelaki atau wanita dengan urutan berselang-seling. Sementara figur yang paling kecil biasanya berupa bayi.

Boneka ini pertama kali dipamerkan di Exposition Universelle di Paris tahun 1900 sebagai kerajinan khas Rusia. Boneka ini kemudian memenangkan medali perunggu kala itu. Boneka ini pun semakin melejit popularitasnya dan kemudian dibuat secara besar-besaran di rusia dan dikirim ke seluruh dunia.


Boneka Matryoshka Sebagai Hadiah

Boneka Matryoshka merupakan salah satu souvenir yang luar biasa dan biasanya digunakan pada banyak kesempatan, seperti
  • Dekorasi pernikahan
  • Acara selamatan rumah baru
  • Sebagai mainan anak
  • Hadiah hari ibu
  • Hadiah kelahiran bayi


Perkembangan Boneka Matryoshka

Seiring perkembangannya, Boneka Matryoshka mulai digambar dengan banyak jenis tema mulai dari yang paling tradisonal seperti karakter dongeng, tokoh politik, tokoh olahraga, sampai karakter kartun.

Terdapat juga seri boneka dengan tema pemimpin Rusia, dimana pemimpin terdahulu berada di dalam boneka pemimpin setelahnya.

Dewasa ini, Boneka Matryoshka didistribusikan secara luas dan dikenal dengan berbagai nama seperti "Aunt Olga", "Babushka", atau "Mommy doll".

Terkadang ada pula toko yang menerima permintaan khusus dari pelanggan dan membuatkan mereka Boneka Matryoshka spesial sesuai dengan pesanannya.


Rekor Dunia Boneka Matryoshka

Boneka Matryoshka terbesar di dunia terdiri dari 51 buah figur buatan tangan yang dilukis oleh Youlia Bereznitskaia dari Rusia. Boneka tertinggi dari set ini setinggi 53.97 cm dan yang terkecil setinggi 0.31 cm.



Ternyata boneka Matryoshka ini bukan hanya sekedar mainan atau oleh-oleh. Ada kisah yang panjang didalamnya. Boneka ini telah menjadi bagian dari kebudayaan Eropa Timur. Karenanya, tidak mengherankan jika turis sering membawa figur ini sebagai hadiah dari Rusia.


Referensi:
https://russianlegacy.com/matryoshka-nesting-dolls.html
https://learnrussianlanguage.net/interesting-facts-of-russian-matryoshka-dolls
https://kids.kiddle.co/Matryoshka



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel