10 Hal Unik Yang Harus Dilakukan Jika Mengunjungi BALI

Bali merupakan salah satu destinasi wisata kelas dunia. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara sering berlibur ke Pulau Bali. Kepopuleran Bali  tidak terlepas dari banyaknya objek wisata uniknya. Bahkan jika kita sudah berulang kali pergi ke Bali, seakan tidak pernah habis tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Pulau Bali memang selalu menyajikan tempat yang memiliki pesona tersendiri. Mengunjungi Bali selalu memberikan kesan yang tak terlupakan. Hal ini membuat Bali berada dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi semua orang.


Berikut Hal Unik Yang Harus Dilakukan Saat Mengunjungi Bali


1. Mengunjungi Pantai Blue Lagoon


Pantai Blue Lagoon, Bali
Ilustrasi Pantai Blue Lagoon

Pantai Blue Lagoon merupakan salah satu pantai terindah di Bali. Kita akan dibuat terpesona dengan pemandangannya yang sangat menakjubkan, serta tekstur pasir putih yang lebih besar seperti merica.

Pemandangan perahu-perahu nelayan yang berjejer di bawah langit biru merupakan hal umum yang selalu terlihat dan tentunya memiliki pesona tersendiri. Hampir setiap hari dapat ditemui wisatawan yang berjemur di pinggir pantai. Tersedia juga kursus menyelam yang ditawarkan mulai dari kelas pemula sampai profesional.


2. Mengunjungi Pura Tanah Lot


Pura Tanah Lot, Bali
Ilustrasi Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot merupakan landmark agama dan budaya. Terletak di atas batu lepas di lautan, candi ini memiliki latar belakang yang spektakuler, terutama saat matahari terbenam.


3. Mengunjungi Teras Sawah Tegalalang


Teras Sawah Tegalalang, Bali
Ilustrasi Teras Sawah Tegalalang saltinourhair.com

Teras sawah yang luar biasa ini menawarkan pemandangan alam yang indah serta kental akan budaya penduduk setempat. Wisatawan dapat menjelajahi lokasi di sekitar sawah dan dapat menghirup udara segar yang bebas dari polusi.


4. Mengunjungi Rumah Pohon Desa Temega


Rumah Pohon Desa Temega, Karangasem, Bali
Ilustrasi Rumah Pohon Desa Temega kintamani.id

Rumah pohon di Desa Temega, Karangasem memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan wisata rumah pohon lainnya. Hal ini karena rumah pohon disini memiliki beberapa level ketinggian.

Selain itu, keberadaan rumah pohon tidak hanya satu, tapi ada beberapa rumah pohon yang terhubung melalui jembatan dan tangga. Kita bisa menikmati pemandangan yang semakin indah seiring semakin tingginya rumah pohon.


5. Mengunjungi Pura Besakih


Pura Besakih Bali
Ilustrasi Pura Besakih bali.com

Terletak di lereng Gunung Agung, Pura Besakih merupakan pura terbesar di Bali. Kompleks pura ini terdiri dari sekitar 86 kuil dan telah dibangun lebih dari seabad. Pura ini dibangun dengan konsep keseimbangan antara Tuhan, manusia, dan alam atau sering disebut sebagai Tri Hita Karana.

Pura Besakih ini diyakini sebagai tempat suci dan merupakan ibu dari semua pura di Bali. Untuk bisa memasuki pura, kita harus menggunakan sarung yang bisa dipinjam di area pura. Setiap tahunnya, pura ini menjadi tuan rumah untuk lebih dari 70 upacara keagamaan yang dihadiri oleh umat Hindu dari seluruh pulau.


6. Mengunjungi Gua Gajah


Gua Gajah Bali
Ilustrasi Gua Gajah

Selain sebagai tempat wisata, Gua Gajah yang luar biasa ini juga berfungsi sebagai kuil Buddha. Gua ini diukir dengan gambar tokoh-tokoh suci. Kuil ini memiliki kolam pemandian besar yang diyakini dibangun untuk membersihkan jiwa dan mengusir roh jahat.


7. Melihat Lumba-lumba di Pantai Lovina


Pantai Lovina Bali
Ilustrasi Lumba-lumba Pantai Lovina balicabdriver.com

Pantai berpasir hitam ini berlokasi di Bali bagian utara dan menawarkan pengalaman  yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Daya tarik utama dari pantai Lovina terletak pada lumba-lumbanya. Terdapat patung lumba-lumba raksasa yang menjadi ikon dari pantai ini. Jumlah lumba-lumba yang bisa dilihat bukan hanya beberapa ekor, melainkan puluhan hingga ratusan.

Untuk dapat menikmati pengalaman ini, kita harus menaiki perahu nelayan dengan kapasitas sekitar 6 orang. Perahu ini didesain khusus untuk laut yang berombak. Tenang saja, kita akan dilengkapi dengan peralatan keselamatan yang memadai.

Jika ingin melihat lumba-lumba, kita harus bangun sebelum subuh, karena mereka biasanya muncul di pagi hari ketika laut tenang. Kita bisa melihat pemandangan lumba-lumba berenang dan melompat di habitat aslinya. Akan sangat sayang jika melewatkan pemandangan yang indah ini.

Selain melihat lumba-lumba, kita juga bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang spektakuler dari atas kapal. Pantai ini juga terkenal sebagai destinasi snorkeling dan menyelam yang populer.


8. Menyelam Di Pulau Nusa Penida Bali


Pulau Nusa Penida Bali
Ilustrasi Ikan Mola-mola Nusa Penida Bali penidaislandtour.com

Perairan Nusa Penida Bali merupakan salah satu spot diving terbaik di Indonesia. Keunikannya utamanya adalah kita bisa menyelam dan melihat beraneka ragam fauna laut yang unik.

Salah satu fauna yang unik adalah ikan mola-mola. Ikan ini cukup langka dan jarang ditemui di perairan manapun di berbagai belahan dunia. Bentuknya bulat besar dengan diameter mencapai 3-4 meter dan bobotnya bisa mencapai 1 ton. Ikan ini cenderung jinak dan bersahabat dengan manusia. Kita bisa menyelam bersama dengan mola-mola dan mengabadikan momen tersebut.


9. Membuat Perhiasan Emas Dan Perak

Bali memiliki sejarah yang panjang dalam bidang emas dan perak, dengan keterampilan diturunkan dari generasi ke generasi. Dua area terkenal dimana kita bisa menemukan galeri yang dapat membuatkan perhiasan emas dan perak buatan tangan adalah Ubud dan Sanur. Beberapa tempat juga mengadakan lokakarya dimana kita dapat membuat karya sendiri.


10. Menginap Di Hotel Four Seasons


Hotel Four Seasons Bali
Ilustrasi Hotel Four Seasons Bali fourseasons.com

Sebagai destinasi wisata yang sangat populer, Bali mempunyai banyak tempat menginap yang istimewa. Salah satu yang layak dikunjungi adalah hotel pinggir pantai, Four Seasons. Di sini kita bisa menikmati hotel mewah ala gaya bangsawan.


Itu dia 10 hal unik yang patut dicoba saat berkunjung ke Bali. Selain lokasi-lokasi di atas, masih banyak lagi lokasi menarik lainnya yang tidak akan cukup untuk dibahas.



Referensi:
https://theculturetrip.com/asia/indonesia/articles/20-must-visit-attractions-in-bali/
https://www.anekawisata.com/25-pantai-terindah-dan-tercantik-di-bali-yang-lagi-hits.html
https://balipedia.id/objek-wisata-unik-di-bali/
https://www.idntimes.com/travel/destination/riyan-sumarno/wisata-keren-di-bali-c1c2


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel