Isyarat Tangan Yang Harus Dihindari Saat Ke Luar Negeri

Tangan sering digunakan untuk menyampaikan berbagai macam emosi dan ekspresi. Isyarat tangan seringkali digunakan ketika ada sesuatu yang ingin disampaikan, tetapi memiliki hambatan dalam bahasa.

Setiap negara memiliki isyarat tangan yang berbeda-beda, sama halnya seperti dialek bahasa. Membuat isyarat tangan yang salah kepada seseorang saat kamu bepergian dapat menyebabkan masalah besar. 

Banyak kejadian terkait isyarat tangan merupakan kesalahan yang tidak disengaja. Karenanya, sangat penting untuk mengetahui isyarat tangan mana yang harus dihindari sebelum berpergian ke negara tujuan. Hal ini karena, terkadang membuat suatu isyarat yang kamu anggap umum di satu negara dapat menempatkan kamu dalam masalah besar.


Isyarat Tangan Yang Harus Dihindari Saat Ke Luar Negeri
Ilustrasi Isyarat Tangan



Berikut 7 Isyarat Tangan Yang Harus Dihindari Saat Bepergian Ke Luar Negeri


1. Peace Sign dengan Palm Facing Inward

Peace sign merupakan isyarat pertama yang harus diperhatikan, karena itu adalah salah satu isyarat paling populer yang dibuat oleh wisatawan. Isyarat ini sering digunakan untuk berpose dalam gambar, dan terutama populer di kalangan wisatawan dari Asia Timur.

Tahukah kamu, peace sign ternyata bisa menjadi hal yang rumit di Inggris apabila dilakukan dengan telapak tangan menghadap ke dalam. Ini dikarenakan hal tersebut memiliki pengertian yang sama sekali berbeda. Melakukan isyarat tersebut memiliki arti yang setara dengan memberikan jari tengah. Selain di Inggris, hindari pemakaian isyarat ini di negara-negara seperti Australia, Irlandia, dan Selandia Baru.


2. OK Sign

Ternyata membuat lingkaran dengan jari telunjuk dan jempol kamu bisa bermasalah di negara-negara tertentu. Di Prancis, misalnya, isyarat itu berarti "nol" atau "tidak berharga". Sementara di Venezuela, Turki, dan Brasil, ini merupakan bahasa gaul vulgar yang akan menyinggung hampir semua orang yang kamu tuju. Karenanya, hindari penggunaannya di negara-negara tersebut.

Sinyal ini juga tidak seharusnya kamu gunakan di Yunani. Di sini, gerakan ini adalah simbol untuk homoseksualitas. Menunjukkan gerakan ini kepada seseorang berarti bahwa kamu atau orang lain itu gay, meskipun itu mungkin bukan maksud kamu.


3. Dog Call

Jika ingin memanggil seseorang, jangan menggunakan jari telunjukmu yang melengkung untuk memanggil mereka di Filipina. Hal itu biasanya dilakukan untuk memanggil anjing dan dianggap sangat kasar bila digunakan pada manusia. Padahal gerakan ini bisa menjadi cara genit untuk mengundang orang agar lebih dekat dengan kamu. Sementara di negara seperti Singapura dan Jepang, gerakan ini menandakan kematian.


4. Stop Sign

Jangan menggunakan tanda "berhenti" dengan telapak tangan menghadap keluar ketika berada di Yunani. Sikap ini merupakan penghinaan bagi orang-orang Yunani. Stigma ini tampaknya berasal dari zaman Bizantium, ketika para penjahat yang dibelenggu diarak di jalan-jalan dan para penjajah diizinkan untuk mengolesi arang atau kotoran di wajah mereka menggunakan telapak tangan terbuka.


5. Fingers Crossed

Menyilangkan jari telunjuk dan jari tengahmu akan membawa malapetaka jika dilakukan di Vietnam. Di sana, jari-jari menyilang melambangkan bagian dari anatomi wanita dan dapat dianggap sangat kasar. Jika kamu menyilangkan jari ke arah seseorang di Vietnam, mereka cenderung menganggapnya sebagai penghinaan besar. Padahal, dalam beberapa budaya, menyilangkan jari merupakan tanda keberuntungan atau harapan terbaik. Ini juga dapat digunakan untuk memberi janji, seperti ketika kamu bersumpah untuk menyimpan rahasia. 


6. Rock On

Melakukan isyarat semacam yang kamu buat saat mengangkat jari telunjuk dan kelingking dengan kepalan tangan adalah ide yang buruk di Italia, Spanyol, Portugal, Brasil, dan Kolombia. Di negara-negara ini, isyarat tangan seperti itu biasa digunakan untuk menunjukkan bahwa istri seseorang tidak setia. Bahkan orang Spanyol pada umumnya melihatnya sebagai penghinaan. Karena itu, ingat untuk menghindari penggunaan isyarat ini di negara-negara tersebut.


7. Pat On The Head

Di Thailand, kepala merupakan bagian tubuh yang dianggap paling suci. Dalam kepercayaan Buddha, bagian itu adalah tempat tinggal roh. Jadi, menyentuh kepala atau rambut orang lain di Thailand adalah suatu kecerobohan yang bisa berujung masalah. Sebaiknya pikirkan dua kali sebelum kamu mengacak-acak rambut anak atau menepuk seseorang di kepala.



Jadi, tidak semua gerakan tangan itu universal. Kadang-kadang, hal yang kamu anggap isyarat wajar di suatu negara bisa membawa masalah di negara lain. Sebaiknya amati dan pelajari bagaimana penduduk setempat bertindak satu sama lain. Dengan demikian, orang akan lebih menghargai kamu karena mencoba mempelajari dan menghormati budaya mereka. Jauhkanlah diri dari melakukan kesalahan yang sebenarnya bisa kamu hindari. Good Luck ^.^



Referensi:
https://www.thetravel.com/20-foreign-hand-gestures-to-watch-out-for-5-to-try-ourselves/
https://www.boston.com/travel/travel/2014/03/26/10-innocent-hand-gestures-you-should-never-use-abroad


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel